<BLINK>PROFILE MUNA</BLINK> | PARIWISATA MUNA




Kabupaten Muna adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia, dengan Ibu kota di Raha. Kabupaten ini terletak diantara 406 - 5.15 Lintang Selatan dan 120.00 123.24 Bujur Timur. Wilayah Kabupaten Muna disebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Kendiri dan Selat Tiworo, disebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Buton, Sebelah timur berbatasan dengan Laut Banda, dan sebelah Barat berbatasan dengan Selat Spelman. Luas wilayah Kabupaten Muna 4.887 Km2 yang terbagi menjadi dua puluh sembilan kecamatan.
Luas wilayah Kabupaten Muna sebagian besar merupakan hutan. Dari seluruh lahan 488.700 hektar hampir separuh (48,2 persen) berupa hutan produksi, hutan lindung, dan hutan wisata. Di wilayah yang memiliki banyak hutan ini menjadikan Jati sebagai primadonanya. Bagi daerah ini, kuli dawa yang artinya kayu jawa atau kayu jati cukup tergolong istimewa. Pasalnya tidak banyak daerah di Indonesia yang mampu menghasilkan tanaman ini. Di wilayah Muna yang tergolong kering dan tandus, jati diperkirakan tumbuh dan berkembang sejak abad ke-14 sebagai hutan jati alam.

Di sektor pertanian, kabupaten ini menghasil komoditi seperti Padi, palawija, sayuran, dan buah-buahan seperti kacang panjang, tomat, terung. Untuk produk perkebunan yang diupayakan oleh petani kabupaten ini antara lain Kelapa, kopi, kapuk, jambu mete, dan kakao adalah. Jambu mete menempati urutan pertama sebagai hasil perkebunan yang paling menguntungkan. Jambu mete ditanam untuk menaklukkan alam Muna yang terbilang tandus, panas, dan gersang. Mete tidak hanya menghijaukan Muna, melainkan sekaligus menambah pendapatan petani. Daerah penghasil mete adalah Kecamatan Tongkuno, tempat dipeloporinya penanaman komoditas ini, disusul Kecamatan Bonegunu dan Kecamatan Lawa.

Selain jambu mete, komoditas lain yang merupakan unggulan kabupaten ini adalah jagung. Daratan pulau Muna yang umunya mengandung batuan gamping (bertanah kapur) sangat cocok untuk tanaman jagung. Komoditas ini merupakan tanaman tradisional karena jagung sampai sekarang masih menjadi bahan makanan pokok penduduk di samping beras dan umbi-umbian.
Di sektor peternakan, industri pakan, mendorong tumbuhnya kembali usaha peternakan unggas, ayam peternakan, maupun ayam potong kampung. Muna dikenal penghasil telur dan peternak ayam potong kampung. Produksi tersebut dipasarkan ke Kota Kendari dan Bau-Bau. ian

Categories:

Leave a Reply