Kotano Wakumoro | PARIWISATA MUNA

Kotano Wakomuro, diperkirakan terletak posisi sebelah timur mata air Desa Wakumoro Kecamatan Parigi Kabupaten Muna, dengan jarak tempuh sekitar 5 km lebih dari mata air itu, dijadikan sebagai pusat pertahanan keamanan wilayah Rete pada zaman dahulu.
Wilayah Rete bersama 6 wilayah lainnya diperkirakan dibentuk sekitar akhir abad ke 16 yaitu di masa kepemimpinan Raja Muna yang bernama La Rampe bin Sugi Manuru dengan gelar Karowawono. para pimpinan wilayah di bentuk oleh putra-putri Raja Muna Sugi Manuru Wasarone binti Raja Banggai dengan tujuan untuk memfasilitasi kedudukan yang siberikan secara akramasi berdasarkan konsep ayah mereka ( Raja Muna Sugi manuru ).
Adapun wilayah-wilayah yang sibentuk itu bersama para pimpinan masing-masing ialah: 1. Wilayah Lohia Yang terletak di wilayah Kecamatan Kabawo sekarang ini dipimpin oleh Lakakolo. 2. Wilayah Laiba yang terletak di Kecamatan Parigi sekarang ini, di pimpin oleh La kakoda. 3. Wilayah Wasolangkan yantrlrtak di Kecamatan Parigi sekarang ini, dipimpin oleh La Pansaruba. 4. Wilayah Aghontoghe yang terletak di Kecamatan Tongkuno sekarang ini , di pimpin oleh La manguntola. 5. Wilayah Rete, yang terletak di Kecamatan Parigi sekarang in, di pimpin oleh La pana. 6. Wilayah kasaka, yangf terletak di Kecamatan Kabawo sekarang ini, dipimpin oleh Wasida Kari. 7. Wilayah Bontonowulu, yang terletak di Kecamatan Gu sekarang ini, di pimpin oleh La Kulipopota. ke 7 wilayah tersebut adalah di perintahkan menjadi tempat pembinaan toriterial dalam upaya melindungi masyarakat dari gangguan keamanan baik yang berasal dari luar maupun dalam.

Categories:

Leave a Reply